Tuesday, May 1, 2012

BURUNG KUTILANG

Cucak Kutilang atau Kutilang adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cangkurileung, orang Jawa menamainya ketilang atau genthilang, mengikuti bunyi suaranya yang khas. Dalam bahasa Inggris burung ini disebut Sooty-headed Bulbul, sementara nama ilmiahnya adalah Pycnonotus aurigaster; mengacu pada bulu-bulu di sekitar pantatnya yang berwarna jingga (Gr.: aurum emas, gaster perut).
Cucak Kutilang atau Kutilang adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cangkurileung, orang Jawamenamainya ketilang atau genthilang, mengikuti bunyi suaranya yang khas. Dalam bahasa Inggris burung ini disebut Sooty-headed Bulbul, sementara nama ilmiahnya adalah Pycnonotus aurigaster; mengacu pada bulu-bulu di sekitar pantatnya yang berwarna jingga (Gr.aurum emas, gaster perut).
Di puncak pohon cempaka
Burung kutilang berbunyi
Bersiul siul sepanjang hari
Dengan tak jemu-jemu
Mengangguk angguk  sambil berseru
Tri lili lili lili…..

Sambil berloncat loncatan
Paruhnya  selalu terbuka
Digeleng geleng kan kepalanya
Menentang langit biru
Tandanya syukur
Dia berseru
Tri lili lili lili


(Aishah Hashim dan Rosnah Ahmad)

Lagu ini kami ubah sedikit menjadi versi kami...

Ingat lagi lagu ini yang kita nyanyikan pada zaman kanak-kanak..

Kami membesar dengan lagu ini .... Lagu yang menhiburkan hati, menajamkan fikiran, membuat kami berfikir dan bersyukur.....

Jom kta hidupkan lagu nusantara begini agar anak-anak kita kenal budaya dan asal usul serta alam sekeliling mereka..... sambil itu kita belajar dan megenali spesis burung kutilang.

Wallahuaálam...


No comments: